NKRI – Makanan di penjara adalah menu yang disediakan oleh instansi terkait. Tak jarang, makanan tersebut tak sesuai dengan selera narapidana. Ya, namanya juga tahanan, sudah pasti kekangan bukan hanya dari sel tetapi juga layanan yang didapat.

Tapi, dari sekian banyak makanan yang disajikan ada yang unik loh, bagi yang enak mereka bisa mendapat jatah yang mewah. Sebaliknya, yang pelayanannya buruk juga akan mendapat jatah makan seadanya. Agar tak penasaran, yuk lihat makanan yang seperti apa menjadi santapan narapidana dari berbagai penjuru dunia.

Lobster untuk para tahanan Amerika

Lobster makanan penjara [Sumber gambar]

Sekarang mungkin kamu mengenal lobster sebagai makanan mewah nan mahal. Tapi tahukah kamu jika pada abad ke 17 dan 18, hewan ini adalah santapan orang miskin dan narapidana penjara-penjara di Amerika Serikat. Bahkan, orang-orang menyebut lobster sebagai ‘kecoa samudra’ saking rendahnya derajat makanan ini. Barulah pada tahun 1920-an ia menjadi santapan yang digemari oleh aristokrat. Sejak saat itu pamor lobster sebagai makanan mewah tak pernah turun, bahkan hingga sekarang.

Makanan bekas kemarin atau Nutraloaf

Nutraloaf [Sumber gambar]

Beberapa penjara di Amerika Serikat menghukum narapidana yang tidak menaati aturan melalui makanan yang mereka dapatkan. Melansir idntimes.com, dari Huffington Post, para petugas sipir akan memberikan makanan yang mereka sebut dengan nutraloaf. Nutraloaf sendiri adalah makanan sisa kemarin yang tidak habis, lalu dicampur menjadi satu. Makanan ini jelas menuai kontroversi karena bertentangan dengan hak yang harusnya diterima oleh napi. Tetapi, poin positifnya adalah memberikan nutraloaf dapat mengurangi kekerasan antar-napi.

Indomie yang dijadikan makanan favorit napi di Australia

Indomie sebagai menu di penjara Australia [Sumber gambar]

Indomie memang makanan sejuta umat yang digemari di belahan dunia manapun juga. Rasanya yang khas dan harganya yang murah sukses menjadikan ia sebagai makanan idola. Pemerintah Australia bahkan menghabiskan  dana lebih dari setengah juta dolar untuk membeli Indomie bagi narapidana, sepertidilansir dari grid.id. Jumlah tersebut setara dengan 5 miliar rupiah, berpatok pada kurs perbandingan 1 dolar Australia = 10 ribu rupiah.

McDonald setiap hari di penjara Jerman

Mcdonald [Sumber gambar]

McDonald mungkin termasuk makanan yang duduk di list mewah untuk sebagian orang, namun apa jadinya kalau setiap hari harus makan McDonald? Hal ini lah yang terjadi di penjara di kota Bergisch Gladbach, Jerman. Hal ini bukan dilakukan tanpa sebab, sebelumnya penjara menghentikan kerjasama dengan beberapa kontraktor yang menyuplai makanan. McDonald hadir sebagai solusi karena jaraknya yang paling dekat dengan penjara, sehingga menu ini dijadikan menu tetap para narapidana.

Bubur keras di penjara Inggris

Bubur makanan tahanan di Inggris [Sumber gambar]

Sarapan bubur memang enak sih, tapi enggak tiap hari juga kali. Jika di penjara Inggris, hal tersebut tidak akan terjadi karena bubur sudah menjadi menu sarapan tetapnya. Bubur yang disajikan ini pun tidak bisa membuat kenyang, kadang terlalu keras, kadang kebanyakan air alias banjir. Karena hal tersebut, makanan ini dihapuskan dari semua penjara Inggris, karena menuai banyak kritik juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *