NKRI – Piala Asia U-19 akan kembali berlangsung mulai hari ini, Kamis (18/10/2018) di Indonesia. Sebagai turnamen sepak bola usia muda, Piala Asia U-19 nyatanya disambut serius oleh negara-negara peserta.

Hal ini tak lepas dengan jaminan tempat di Piala Dunia U-20 tahun depan bagi negara yang mampu mencapai semi final.

Meski jelas kalah gengsi dengan Piala Asia Senior atau bahkan Piala AFF, Piala Asia U-19 ini mampu melahirkan talenta-talenta muda terbaik dari Benua Asia.

Bahkan, dalam Piala Asia U-19 tahun ini banyak negara-negara peserta yang memanggil pemainnya yang sudah merumput di Eropa.

Menilik ke belakang, ada beberapa pemain jebolan Piala Asia U-19 ini yang mampu menunjukkan kualitasnya di tanah Eropa.

Berikut, di rangkum 5 pemain jebolan Piala Asia U-19 yang mampu bersinar dan bermain di Eropa.

1. Sardar Azmoun

Sardar Azmoun bermain bagi klub Rusia, Rubin Kazan. © Iran Football Press

Meski gagal menjuarai Piala Asia U-19 2012 di Uni Emirat Arab, Iran mampu menunjukkan kualitas pemain mudanya. Salah satunya adalah Sardar Azmoun. Pemain 23 tahun ini sekarang bermain untuk klub Rusia, Rubin Kazan.

Tak hanya itu, Azmoun juga sudah merasakan atmosfer Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Bintang muda ini membantu Iran mengalahkan Maroko di fase grup Piala Dunia 2018. Dengan penampilan apiknya, Azmoun sudah menjadi pencetak gol tertinggi kelima di Timnas Iran.

2. Ritsu Doan

Ritsu Doan bermain dengan FC Groningen. © Proshots

Ritsu Doan merupakan jebolan Piala Asia U-19 2016 di Bahrain. Memulai karier senior di Gamba Osaka, Doan kini mampu menembus kompetisi sengit di tanah Eropa.

Doan telah bermain dengan klub Eredivisie Belanda, FC Groningen. Awalnya, Doan didatangkan dengan status pemain pinjaman. Doan telah melakoni 29 penampilan di masa peminjamannya dan telah mencetak 9 gol.

Kemudian, Doan diberi kontrak berdurasi 3 tahun pada 23 April Silam oleh FC Groningen. Doan juga telah dipanggil oleh timnas senior Jepang dan memulai debutnya dalam pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika. Di Timnas Jepang. Doan juga telah membuat gol perdananya dalam pertandingan persahabatan melawan Uruguay pada 16 Oktober kemarin.

3. Kwon Chang-hoon

Kwon Chang-hoon bermain bagi klub Prancis, Dijon FCO. © Four Four Two

Kwon Chang-hoon mampu membawa Korea Selatan menang di Piala Asia U-19 2012 di Uni Emirat Arab. Gelandang serang berusia 24 tahun ini sekarang sudah bermain di klub Ligue 1 Prancis, Dijon FCO.

Kwon dibeli Dijon dari klub asalnya Suwon Bluewings di tahun 2017 dengan kontrak selama 3,5 tahun. Selama merumput di tanah Prancis bersama Dijon, Kwoon sudah membuat 42 penampilan dan mencetak 11 gol.

 4. Koo Ja-cheol

Mikael Lustig dan Koo Ja-Cheol memperebutkan bola di laga Piala Dunia 2018. © INDOSPORT

Koo Ja-cheol sangat menonjol di gelaran Piala Asia U-19 2008 di Arab Saudi. Koo memulai karier sepak bolanya di Jeju United dalam liga K-League.

Namun, awalnya Koo tak mampu menembus ke skuat utama karena sering dilanda cedera. Seiring berjalannya waktu mantan kapten timnas Korea Selatan ini mampu menunjukkan kualitasnya. Bahkan pada 2010 dia dilaporkan diundang ke klub Liga Inggris, Blackburn Rovers untuk melakukan training. Tapi nyatanya hal itu tak terjadi.

Hingga akhirnya Koo mampu bersinar dengan Jeju dan mendapatkan prestasi terbesar bagi timnya yang mampu finis di urutan kedua liga. Atas kontribusinya itu, Koo mendapat penghargaan Top Assist dan masuk dalam Best starting eleven.

Pemain yang kini telah berusia 29 tahun ini pun pindah ke Bundesliga Jerman. Di kompetisi sepak bola teratas Jerman itu Koo sudah pernah bermain untuk tiga tim berbeda yaitu Wolfsburg, Mainz 05, dan terkahir FC Ausburg.

Koo sendiri sudah mencapai lebih 150 pertandingan di Bundesliga Jerman. Bermain untuk FC Ausburg dari 2015, Koo sudah menyumbang 12 gol dari 80 penampilannya.

5. Shinji Kagawa

Shinji Kagawa dalam sesi latihan Timnas Jepang di Piala Dunia 2018. © INDOSPORT

Nama terakhir ini pasti sudah tak asing lagi bagi penikmat sepak bola. Selain Koo yang mampu bersinar, siapa sangka, Kagawa juga jebolan Piala Asia U-19 2008 di Arab Saudi.

Kagawa memang memiliki karier sepak bola yang bisa dibilang sukses karena telah bermain dengan 2 klub elit eropa. Kagawa didatangkan oleh Borussia Dortmud pada 2010 dari klub asalnya Cerezo Osaka.

Mampu mencetak 21 gol dalam 49 penampilannya di Dortmund, Kagawa kemudian menjadi ramai dibicarakan di sejumlah dunia berita olahraga karena dirinya dilirik oleh klub-klub besar.

Hingga pada 2012, pemain berusia 29 tahun ini berhasil bergabung dengan Manchester United. Tapi sayang, Kagawa tak mampu bersaing di skuat United dan kini pemain asal Jepang ini kembali ke klub lamanya, Borussia Dortmund.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *