Initial  J    —   Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gempa dengan Magnitudo 5,3 itu berlangsung pada Selasa (11/8/2018) jam 03.22 WIB.

Berdasar pada analisa Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terdapat pada koordinat 8,41 lintang selatan serta 116,52 bujur timur.

 

Tidak Berpotensi Tsunami

 

Gempa Lombok

 

“Pusat gempa ada di darat pada jarak 12 km. arah barat laut Kabupaten Lombok Timur, pada kedalaman 12 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Agus menyampaikan, efek gempa bumi berdasar pada Peta Tingkat Guncangan (Shakemap) BMKG serta info penduduk tunjukkan jika guncangan dirasa di Kabupaten Lombok Timur serta Lombok Utara II SIG-BMKG (V MMI). Masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah serta Kota Mataram, juga rasakan getaran sampai IV MMI.

Sampai sekarang ini, belumlah ada laporan efek rusaknya yang diakibatkan karena gempa bumi itu. BMKG juga mengatakan gempa itu tidak punya potensi tsunami

“Pada penduduk diimbau supaya masih tenang serta tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Agus seperti dikutip dari Pada.

 

 

BACA JUGA   :   Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Kalau Dibungkus?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *