Initial J   —   Kepindahan Kepa ke Chelsea menyatakan kembali keberhasilan Athletic dalam memperoleh untung melalui klausul buy-out.

Bursa transfer musim panas 2018 kembali mendatangkan satu surprise besar bersamaan kesuksesan Chelsea menyelesaikan transfer Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao.
Kepindahan itu memang tidak mengagetkan karena Chelsea tengah darurat penjaga gawang sesudah Thibaut Courtois pergi ke Real Madrid mendekati penutupan jendela transfer Liga Primer Inggris. Akan tetapi, yang cukuplah mencengangkan merupakan cost transfer Kepa.
Dengan aktifkan klausul buy-out Kepa sebesar €80 juta, karena itu The Blues membuatnya menjadi penjaga gawang termahal didunia. Walau sebenarnya, belumlah genap satu bulan rekor itu disandang Alisson Becker, yang ditransfer Liverpool dari AS Roma €5 juta tambah murah.
€80 juta (Rp1, 34 triliun) merupakan nominal yang besar sekali untuk seseorang penjaga gawang. Ditambah lagi Kepa belumlah teruji seutuhnya. Ia memang figur portero htangguh di La Liga Spanyol serta banyak mendapatkan sanjungan di sana-sini.
Tetapi butuh dicatat jika Kepa baru dua musim paling akhir jadi penjaga gawang utama Athletic dengan keseluruhan 53 tampilan. Penjaga gawang berumur 23 tahun ini dapat masih tetap minim jam terbang internasional, hanya mengoleksi satu caps di tim nasional senior Spanyol.
Yang diuntungkan tentunya merupakan Athletic. Transfer Kepa ini merupakan penjualan paling besar Athletic selama histori sekaligus juga menyatakan kembali keberhasilan team berjuluk Los Leones itu dalam memperoleh untung melalui klausul buy-out.

Terhitung Sudah 4 Pemain, Athletic Bilbao Melepas Pemain Dengan Klausul Buy-Out Mahal

Dari Kiri : Javier Martinez, Ander Herrera dan Aymeric Laporte
Tebus klausul ataukah tidak benar-benar. Mungkin itu taktik transfer Athletic di masa Josu Urrutia, presiden club yang berkuasa semenjak 2011. Kebijakan itu seklias jadikan Athletic menjadi club supermarket, akan tetapi di satu bagian adalah usaha untuk menjaga pemain terunggul mereka.
Faktanya, baru ada empat club yang sempat menebus klausul pelepasan dari Athletic. Bayern Munich merupakan yang pertama saat mengambil Javi Martinez enam tahun kemarin. Melalui cost €40 juta, Martinez jadi rekrutan termahal selama hidup Bundesliga sebelum dipecahkan Corentin Tolisso tahun kemarin.
Dua tahun berselang, Athletic kembali memperoleh untung sesudah Manchester United aktifkan klausul launching Ander Herrera sebesar €36 juta. Herrera sampai sekarang terdaftar menjadi rekrutan termahal ke enam selama histori United.
Pada Januari lantas, giliran Manchester City yang meminang Aymeric Laporte sejumlah €65 juta serta membuatnya jadi bek termahal ke-2 didunia. Serta, pada Rabu (8/8) tempo hari, Chelsea ikhlas keluarkan €80 juta untuk Kepa.
Bila ditotal, Los Leones telah mendulang uang €221 juta cuma dari penjualan empat pemainnya. Semua karena klausul buy-out.
Klausul ini awalnya dibuat untuk menahan sang pemain terunggul pergi. Akan tetapi bersamaan pasar yang selalu menggila, ditambah lagi pemasukan tinggi dari hak siar buat klub-klub top, klausul pelepasan seperti kehilangan arti awalannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *