NKRI – Makanan bisa menjadi salah satu penyebab datangnya suatu penyakit, termasuk penyakit jantung. Menurut hasil survei Sample Registration System (SRS) tahun 2014 penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah stroke.

Penyakit jantung bisa dicegah dengan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga, menjauhi asap rokok, cek kesehatan rutin, dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Sekarang yuk kita akan intip makanan yang dapat mencegah penyakit jantung. Yuk, simak!

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 merupakan lemak baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan ritme jantung.

2. Ikan tuna

Meskipun harganya lebih murah dari ikan salmon, ikan tuna ternyata memiliki kandungan omega-3 yang tinggi apalagi jenis ikan tuna putih. Kandungan omega-3 pada ikan tuna putih 3 kali lebih besar dari ikan tuna lain.

3. Kacang almond

Almond ini memiliki kandungan sterol, serat, dan lemak baik untuk jantung. Selain itu kacang almond juga mampu menurunkan Low-density lipoprotein (LDL).

4. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi pilihan sarapan yang tepat. Selain mampu membuat kenyang, oatmeal juga mampu menurunkan kebiasaan ngemil kita. Oatmeal juga bermanfaat untuk menstabilkan gula darah dan mengurangi LDL dalam darah.

5. Blueberry

Blueberry merupakan salah satu jenis buah yang mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan anthocyanin, salah satu antioksidan yang baik untuk melancarkan pembuluh darah. Antioksidan jenis inilah yang membuat warna khas pada blueberry.

6. Yoghurt

Yoghut merupakan olahan susu yang banyak diminati. Selain enak, yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya kalium dan kalsium. Yoghurt rendah lemak sangat direkomendasikan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

7. Brokoli

Siapa yang tidak kenal sayuran ini? Brokoli memiliki kandungan kalori, serat, tinggi kalsium, dan Vitamin K. Brokoli bermanfaat untuk menurunkan LDL.

8. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, vitamin K, serat, asam folat, magnesium, mangan, kalium, protein. Kandungan kolin dan inositol dalam bayam mampu menurunkan risiko terjadinya penimbunan plak pembuluh darah jantung.

9. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan flavanoid. Flavanoid membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh kita.

10. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki kandungan potasium lebih besar dari pisang. Potasium merupakan mineral yang baik untuk kesehatan jantung dan berperan membantu mengeluarkan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

11. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan likopen yang tinggiLikopen sendiri berperan dalam menirunkan kadar kolesterol.

Hidup itu pilihan, mau hidup sehat atau sebaliknya. Semua makanan di atas sangat mudah kita jumpai lho. Jadi, mulai sekarang gak ada alasan lagi ya mengonsumsi makanan sehat. Yuk, sayangi jantung kita sejak dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *